Merawat Nissan Sunny GL Neo

inicaraguecom - Halo temen temen apa nih mobil pertama kalian ? Avanza! Xenia! BriO! Karimaun!,... terserah lah apapun mobil pertama kalian kalian pasti sudah mempertimbnagkan dengan baik mulai dari nontonin review yutup baca-baca artikel ngikutin grup komunitas dan bertanya kepada para sesepuhnya ya kan hehe


Nah saya ceritain nih tentang mobil pertama saya, yaitu Nissan Sunny GL Neo yap kalian ga salah baca, mobil jenisvitu memang ada di negara kita indonesia, tapi sebaran-nya memang sedikit ekslusif alias sedikit langka. Mobil ini tersebar dijakarta sebagai mobil taksi dan non taksi yang di operatori oleh Gamya Taksi.

Pertanyaannya, mengapa saya memilih mobil ini sebagai mobil pertama saya? Alasan yang paling dasar adalah pertimbangan harganya yang menggiurkan hehe. Selain itu mobil ini juga terkenal bandel dan irit karena menggunakan technology MPI pada mesin QG16DE berkapasitas 1.600cc 4-cylinder inline dengan konsumsi BBM 1:15.09* masih tergolong irit.

Nah bagi temen temen yang kebetulan menjadikan mobil ini sebagai mobil pertama kalian sini saya kasih info tentang perawatan dan part part fast moving hingga slow moving yang selama ini saya beli untuk merawat mobil Nissan Sunny GL Neo ini. 

Perawatan yang selalu saya lakukan untuk Nissan Sunny GL Neo saya adalah mengganti oli dan filter oli setiap 5.000 KM atau setiap 3 bulan sekali dan pengecekan oli power stering serta minyak rem agar performa mesin dan pendukungnya selalu optimal.

Ada paun beberapa produk yang saya gunakan untuk merawat Nissan Sunny GL Neo saya sebagai berikut:  

1. Oli

Untuk urusan dapur pacu 1.600cc oli merupakan produk wajib yang harus kalian ganti secara berkala. Nah berhubung usia mobil ini sudah lumayan tua, produksi tahun 2008 maka saya rekomendasikan menggunakan produk Oli dengan kode 10W-40. Oli dengan kode tersebut sangat cocok untuk kendaraan dengan usia diatas 5tahun. 
Mengapa kalian harus pake jenis Oli dengan Kode 10W-40?, Karena dapur pacu yang sudah berusia tua biasanya mengalami penyusutan karena gesekan gesekan mekanis yang terjadi didalam mesin. Jenis oli tersebut memiliki tingkat kekentalan yang pas untuk mengisi ruang yang sudah longar dan komponen akan lebih maksimal.

Produknya sendiri saya menggunakan Oli Sheel Helix HX6 10W-40. Dari kodenya menandakan bahwa oli tersebut lebih kental dan ini cocok buat mobil tercinta. Selain itu dari penjelasan label nya tertulis terdapat teknologi Active Cleansing yang mana terdapat technology untuk membersihkan mesin hingga celah terkecil dan Oli ini menggunakan bahan sintetis sehingga menghasilkan pelumas berkualitas yang tidak cepat menguap. Mantap !!!
Cek Harga : https://s.shopee.co.id/7AKNxq80Zs

2. Filter Oli

Selain mengganti oli secara berkala kalian juga harus menganti Filter Oli maksimal 3x ganti oli 1x ganti filter oli. Biasanya saya langsung ganti barengan saat ganti oli, jadi oli baru filter baru, yaah namanya mobil kesayangan hehe. 
Filter oli kalian bisa menggunakan produk keluaran SakuraFilter dengan kode C-1823.

Cek Harga : https://s.shopee.co.id/rDR52JCj

3. Oli Power Stering

Masih berurusan dengan per-oli an, walaupun mobil lama namun technology lumayan premium loh temen temen makanya saya jatuh cinta sama Sunny GL Neo ini hehe. Jadi kalian tengok secara berkala tentang oli power stering karena komponen ini juga sangat vital dan perlu perawatan berkala. 

Oli Power Stering kalian bisa menggunakan produk - produk Prestone, Biasanya saya gunakan yang Stop Leak, yah biar ga' boros bolak balik ngisi hehe 
Cek Harga : https://s.shopee.co.id/A9xzXsWCBe

4. Minyak Rem

Selain itu kalian juga jangan bosan bosan untuk memeriksa kapasitas oli rem dalam batas normal dan tidak habis, bahaya kalau sampai kehabisan hehe.
Minyak rem juga saya menggunakan produk - produk dari Prestone, ini saja yang saya tau hehe.

Cek Harga : https://s.shopee.co.id/5fVaBttFrV

5. Air Radiator

Selanjutnya komponen penting yang harus kalian rawat adalah Radiator pastikan Air Radiator selalu penuh dan tidak ada indikasi kebocoran. 
Air Radiator saya menggunakan produknya Prestone lagi teman temen, ini produk paling cocok buat saya hehe.

Cek Harga : https://s.shopee.co.id/2qBOoqYz6s

Setelah kita membahas tentang beberapa produk perawatan buat Nissan Sunny GL Neo kini saatnya kita membahas tentang beberapa part - part yang cocok untuk mobil ter cinta ini. Memang sepengalaman saya dalam merawat mobil ini ada beberapa part yang sudah saya ganti dan memang aga syulit hehe.

Saya harus bolak balik bertanya kepada sesepuh dalam forum, club dan artikel artikel tantang mobil ini. Nah berikut ini beberapa part yang pernah saya ganti dan beberapa ceritanya.

6. Upertank Radiator

Saat saya membeli mobil ini memang kondisinya pada malam hari dan test drive dan saya rasa cukup langsung DP dan bungkus di hari berikutnya, karena sudah cape memilah memilih dari yang terbaik hehe. 
Saat itu kondisinya ternyata si Sunny ini sedang sakit alias ada kebocoran bagian Upper Tank Radiatornya, tapi saya herannya ko' bisa ga' overheat nih mobil, dan kondisi AC juga dingin normal, wah sakti banget nih mekaniknya yang nyeting. 

Setelah beli saya langsung gas bawa ke solo melibas toll transjawa dan ga ada problem selama perjalanan "Alhamdulillah". Memang sih saya juga sebagai orang awam ga begitu tau dan aneh saja ni tank radiator kosong tapi jalan normal, saya inisiatif buat isi air selama perjalanan dan memang muncrat dari celah bocor/retaknya tapi its okey mesin normal, AC Normal segalanya normal.

Setelah sampai tujuan barulah ada anomali yang tidak biasa yaitu Overheat dan AC Panas dan ternyata memang Uppertank Radiator itulah masalah nya. Bergrilya lah saya mencari Uppertank tersebut ke beberapa artikel dan ecommerce dan ternyata "KOSONG" ga' ada part buat di Sunny ini. 
Akhirnya saya ketemulah dengan tukang radiator mantap dan langsung tau persamaannya. Ternyata Radiator ini Sama dengan Nissan Serena c24, Alhamdulillah plong rasanya,..

Cek Harga : https://s.shopee.co.id/8UplZfcVkZ      

7. Busi 

Mulai berbenah dikit demi sedikit saya mengganti busi lama dengan busi baru agar mantap, saya mendapatkan refrensi dari forum bawa busi nya Toyota Vios NGK type BKR5E-11 bisa di gunakan untuk Sunny GL Neo.

Cek Harga : https://s.shopee.co.id/5VCA0YiqrS

8. Koil (Ignition Coil)

Merupakan komponen yang bisa merubah arus listrik Aki menjadi arus listrik tinggi untuk busi agar bisa membakar bahan bakar. Nah ketika saya bungkus mobil ini ternyata ada kendala juga pada bagian koil nya, jadi tu koilnya ga seragam alias campuran dari sisi bentuknya beda beda. Saya pikir ini ga ngaruh toh masih jalan normal.

Nah baru terasa beberapa waktu kemudian, mesin mengalami anomali yang aneh jadi istilah dari sesepuh tuh nyebutnya "Pincang". Dan benar lah ternyata koil nya bermasalah ga semua sih salah satu tapi ga tau yang mana, akhirnya saya mencari lagi di E-Commerce dan ketemulah dengan bentuk yang sama dengan mayoritas koil nya, jadi tuh koil nya 3 sama bentuk, 1 bentuknya beda. 

Saya ganti lah menggunakan Koil yang saya beli itu, info sellernya sih copotan dari mobil yang sama. Setelah saya ganti ehh Engine Indicatornya menyala sampe sekarang hehe pas di scan di bengkel sih ada keterangan "Ignition Coil = 0" yang artinya mendeteksi Koil tidak sesuai standar hehe. Sampe sekarang belum saya ganti lagi koil nya, Alhamdulillah semoga aman terus 

Cek Harga : https://tokopedia.link/8Ig29uTauMb

Info sesepuh forum sih Koil itu persamaanya dengan Nissan Grand Livina 1.8 saya belum coba, semoga ada rezeki lebih esok buat beliin si Sunny GL Neo ^^

Link Produk : https://s.shopee.co.id/3L7fQj0fD9

9. Kampas Rem Belakang

Waktu itu momen lebaran, nah ada rencana mau di bawa keluar kota, agar aman dan nyaman saya langsung minta service berkala sekalian ganti oli tune up dan cek beberapa part yang sekiranya perlu di ganti. Saat mekanik melakukan pemeriksaan ternyata kampas rem belakang bagian kiri sudah tipis dan harus di ganti, yang sebelah kanan masih oke. 

Demi keamanan bersama saya minta untuk di ganti, dan ternyata bengkel sebesar itu ga punya part persamaannya, wah mobilku benar benar ekslusif sekali man teman hehe. Akhirnya berburu lagi di E-Commerce dan tanya tanya dan cocok akhirnya bungkus.

Cek Harga : https://tokopedia.link/Mw8tYR6auMb

10. Switch Temperatur AC 

Saat itu momen makan malam Cieileh makan malam bersama keluarga di sebuah warung makan, Setelah makan kita semua naik mobil dan mau capcus pulang, loh ko AC hanya keluar angin ga dingin? Nah kepikiran nih kenapa bisa gini, akhirnya perjalanan tanpa menggunakan AC untung nya malam jadi ga begitu kepanasan.

Sampai rumah malam itu saya bawa ke tetangga yang ngerti soal mobil, di cek lah semua normal, ga ngerti ada apa ko ga bisa dingin, dari saya sih firasat di bagian Knob Switch temperatur AC nya, karena biasanya jika di putar akan bunyi Klik, lah ini ko ga bunyi.

Akhirnya esoknya saya bawa ke spesialis AC mobil, dan hasil nya sama mereka ga tau apa yang rusak, karena semua komponen normal, akhirnya di akalin lah dengan ilmu khusus mereka, akhirnya beres tapi setelah itu ga bisa di atur suhunya, huhuhu sedih...

Berbekal kecurigaan pada Knob Switch tersebut saya coba cari di E-Commerce lagi dan hasilnya "KOSONG". Saya coba coba beberapa keyword part tersebut "lupa namanya apa gitu" akhirnya ketemu di Shopee Malaysia, dan sial nya sekarang shopee ga bisa belanja dari luar negeri, pusing deh..!!

Tidak menyerah lalu saya mencari Junk yard, alhamdulillah ketemu lah di Junk Yard Gunung Sindur bogor ( kayaknya perlu nih kita bahas tentang Junk Yard Bogor). Ketemu dengan mobil yang sama tapi sudah di pretelin dan alhamdulillah Switch Temperatur AC masih bunyi klik jika si putar on / off, yakin deh ini pasti bisa. 

Part sekecil ini harga nya 300.000 setelah nego dari harga 350.000, ya sudahlah gas aja, yang penting kenyaman keluarga nomer satu.

11. Filter Udara

Saat itu saya belum tau jika filter udara udah sobek, tau nya setelah saya bawa ke bengkel dan di beri tempe sama mekaniknya, katanya filter udaranya perlu di ganti karena sudah sobek. Otomatis saya langsung minta untuk ganti, dan ternyata part nya ga ada lagi hmmmm.
Akhirnya berkutatlah di E-Commerce lagi mencari cari filter udara, dan cek out salah kekecilan, haduuh nasip nasip hehe. Akhirnya setelah mengukur dan menginformasikan ke Seller bahwa ukurannya sesuai saya langsung beli dan alhamdulillah Pas.

Saya beli filter udara ini sama seperti filter oli yaitu buatan SakuraFilter.

Cek Harga : https://s.shopee.co.id/6V4hDFspis

12. Accu  (Aki)

Part ini juga saya baru ganti, tempo lalu tiba tiba mobil ga bisa di starter dan lampu alarm juga mati, dan setelah di cek eh ternyata benar saja Aki nya mati. Ini juga saya masih awam dengan kode kode aki, jika temen temen mencari dengan keyword aki mobil nissan sunny gl neo pasti ga ada hehe dan di perparah aki bawaan sebelumnya bener bener polosan ga ada stiker stiket apa gitu hanya ada kode 55D23L berhubung saya ga tau saya foto dan bawa ke tukang Aki dan ternyata ada kode tersebut.

Cek Harga : https://s.shopee.co.id/1qIrelURM6

Selanjutnya informasi produk berikut ini saya dapatkan dari beberapa refrensi, semoga akurat 

13. Motor Extra Fan Radiator Nissan X-Trail
Mobil Nissan sunny GL Neo memiliki 2 kipas radiator yang mempunyai fungsi masing masing. mendinginkan radiator dan mendinginkan freon pada kondensor AC. Nah ini merupakan part yang syulit di cari juga, nah ternyata Fan ini persamaanya dengan Nissan X Trail T30 Gen 1. 
Cek Harga : https://s.shopee.co.id/8ACvCSZZYU

14. Kopling Set
Kalian bisa gunakan Kopling Set merek LUK Jerman yang biasa digunakan untuk mobil Eropa juga memproduksi Kopling Set Aftermarket untuk mobil Jepang. 

15. Rack End (Long Tie Rod) & Tie Rod End
Suspensi Depan Aftermarket merek ASUKI Japan yang digunakan sebagai part OEM Nissan Sunny GL Neo

16. Shock Breaker
Shockbreaker Aftermarket merek SACHS Jerman juga menyediakan untuk Nissan Sunny GL Neo


17. Bearing Roda Depan
Bearing Aftermarket merek NTN bisa diaplikasi untuk Nissan Sunny GL Neo

18. As-Roda (CV Joint)
As Roda (CV Joint) Aftermarket merek Heiker Jerman juga tersedia untuk Nissan Sunny GL Neo

19. Electric  Fuel Pump
Electric Fuel Pump Aftermarket merek Denso yang nyaris Plug & Play di semua mobil merek Jepang

20. Radiator Aluminium Assy ADR

Radiator Aluminium Assy Aftermarket merek ADR diproduksi lokal oleh PT. Selamat Sempurna bisa diaplikasi pada Nissan Sunny GL Neo

21. Solenoid Switch Starter Mitsubishi L300



Sekian dulu ya, kalo ada yang mau nambahin tentang Nissan Sunny Gl Neo boleh komen dibawah ya saya update ^^ 

Terimakassih


inicaraguecom Caramu melakukan sesuatu bukanlah satu satunya cara. Hargailah cara pandang orang lain. Kamu mungkin benar tetapi mereka juga tidak salah.

Belum ada Komentar untuk "Merawat Nissan Sunny GL Neo "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel